10 ALASAN YANG MENYEBABKAN BEBERAPA ORANG TIDAK AKAN BERHASIL

O.G Mandino, seorang salesman terbaik di dunia, mengatakan fakta yang sangat penting yaitu: “Dua diantara seribu orang bijak akan menentukan keberhasilan didalam kata-kata yang sama, namun kegagalan selalu digambarkan dalam satu cara. Kegagalan adalah ketidakmampuan seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya dimanapun mereka berada”.

Disaat keberhasilan adalah hal yang relatif, subjektif, dan tidak memegang nilai moneter; kegagalan adalah resep “satu ukuran yang cocok untuk semua”. Berikut ini adalah 10 alasan yang menyebabkan beberapa orang tidak akan berhasil, diantaranya adalah :

1. Mereka tidak memahami nilai waktu

Orang yang tidak sukses tidak menghargai waktunya. Mereka selalu ada dimana-mana, dimana saja, kapan saja karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mendedikasikan waktu mereka mencapai tujuannya. Dan tahun demi tahun, mereka selalu membuat janji baru yang tidak pernah kelihatan hasilnya karena mereka tidak bisa memasukkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Keterampilan mengatur waktu, belajar bagaimana mengatakan tidak dan mengetahui komitmen apa yang pantas untuk dilakukan adalah beberapa langkah menuju kesuksesan besar didalam setiap bidang kehidupan kita.

2. Mereka tidak melakukan hal-hal yang sejalan dengan tujuannya

Hal yang terpenting dari tujuan adalah semakin tinggi tujuan anda maka nilai-nilai disiplin dan ketertiban akan semakin terkait didalamnya. Orang yang tidak sukses selalu melakukan kekeliruan didalam bisnis dengan produktivitas. Mereka adalah sebagian dari segala sesuatu tetapi tidak ada yang dapat mereka lakukan.

Mereka bahkan tidak melakukan hal-hal yang sejalan dengan nilai dan tujuannya. Menulis tujuan anda didalam jurnal dan menerapkan strategi yang dapat membuat anda terpacu akan membantu anda dalam mengindentifikasi hal-hal yang tidak sejalan dengan keputusan yang telah anda pilih.

3. Mereka tidak pernah melangkah masuk ke dalam landasan

Bos anda sangat menyebalkan sehingga anda sangat membenci pekerjaanmu, tetapi hal ini tidak memberikan alasan anda untuk lalai dan menghasilkan karya yang biasa-biasa saja. Anda dibayar untuk berada disana sehingga anda harus melakukannya dengan benar, hidup memiliki hukum universal yang diberikan kepada anda tentang apa yang anda masukkan ke dalamnya.

Hanya sifat dewasa dan kebijaksanaanlah yang bisa mencapai kesuksesan tanpa memperdulikan keadaan disekitar. Orang yang tidak sukses adalah orang yang selalu berekspresi datar ketika mendapatkan nilai yang buruk dan tidak akan repot-repot untuk menemukan metode belajar yang efektif, dimana hal tersebut dapat membantu kemampuan belajarnya. Ini adalah hal tentang seberapa baik anda dapat merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatu yang membuat anda menjadi lebih cerdas dan menghasilkan sesuatu yang baik.

4. Mereka mempunyai keterbatasan didalam hal memaksakan diri

Orang yang tidak sukses cenderung mengatakan hal-hal seperti “Saya tidak terlalu pintar di bidang matematika”, “Saya sangat benci pelajaran ini”, dan “Saya tidak bisa menjalankan bisnis yang sukses”. Mereka memberi batasan pada diri sendiri dan memanfaatkan perilaku mereka, tetapi mereka akan jauh semakin terpuruk.

Singkirkan gagasan bahwa anda hanya memiliki satu keterampilan tertentu dan bakat didalam tugas-tugas tertentu, berhenti berpikir bahwa anda tidak secerdas orang lain. Yang anda butuhkan didalam hidup ini adalah menjadi diri sendiri dan membagikannya kepada orang lain.

5. Mereka pandai menciptakan alasan

Orang yang tidak sukses akan menemukan alasan dan logika tentang mengapa mereka tidak bisa dan mengapa mereka tidak seharusnya. Mereka terkadang cenderung melakukan kesalahan dan hanya bersikap realistis. Mereka kurang imajinasi dan selalu menemukan cara untuk membenarkan alasan yang tidak seharusnya serta mereka tidak pernah sungguh-sungguh untuk mencobanya. Obat terbaik didalam hal ini adalah menghentikan pikiran anda ketika anda akan membuat sejumlah alasan dan menyalakan kembali tekad anda untuk memulai semuanya.

6. Mereka tidak berkelas

Orang yang tidak sukses biasanya memiliki IQ sosial. Mereka akan mengatakan hal-hal seperti “setidaknya saya sudah berlaku jujur” atau “ini adalah cara bagaimana saya menghadapinya”. Mereka tidak tahu bagaimana caranya memperlakukan orang lain dan cenderung bersikap sombong, memberikan sejumlah alasan yang tidak jelas hampir sepanjang waktu.

Tidak ada seorang pun yang menyukai si mulut besar, orang yang terlalu merendahkan hati atau orang yang tidak tahu bagaimana caranya mengucapkan terima kasih ketika diberi pujian. Ciri-ciri ini tak pantas dan benar-benar menentukan kelas anda.

Bersikaplah baik dan sopan kepada setiap orang yang anda sukai dan untuk seseorang yang tidak dapat anda tolerir. Belajar bagaimana berbicara kepada orang lain adalah sedikit keterampilan yang harus dikuasai. Banyak yang mengatakan jika cara terbaik untuk menguji karakter seseorang adalah dengan melihat bagaimana ia bertindak ketika berdiri didalam antrian yang sangat panjang dan bertemu dengan layanan buruk.

7. Mereka suka menunda-nunda

 border=

Hal yang lucu dari mereka yang suka menunda-nunda waktu dan pekerjaan adalah sering memproklamirkan dirinya. Mereka melihat ada rasa malu didalamnya. Hal ini kembali kepada mereka yang tidak pernah memahami nilai waktu. Mereka merasa baik-baik saja dengan hidup di dunia yang kemarin dan mereka seolah-olah menjalani hidup yang memiliki satu kesempatan.

8. Mereka tidak mengambil tindakan

Kesederhanaan aturan didalam hidup ini adalah kemungkinan yang menyebabkan mereka mengabaikan besarnya dampak tersebut. Orang yang tidak sukses cenderung merenungkan dan meninggalkan jejak di jam pasir. Mereka dapat berbicara besar dan memimpikan sesuatu yang besar, tetapi tidak memiliki keberanian untuk melakukannya. Berhentilah bermimp, mimpi bukanlah sesuatu yang buruk namun kita harus berani bangkit, muncul dan melakukannya.

9. Mereka tidak bisa menghadapi kesulitan

Tantangan adalah sesuatu hal yang kita lihat besar ketika kita melakukannya dan sesuatu hal yang dapat melemahkan tekad kita. Orang yang tidak sukses sama sekali belum memahami hal ini dan mereka akan menyerah dengan cepat karena tantangan menjadikan mereka sangat tidak nyaman, terlihat sedikit kasar, dan mereka ingin melakukannya tanpa kesulitan.

Menghadapi tantangan tidak hanya membawa kita untuk lebih dekat ke tujuan kita tetapi hal ini akan mengubah kita menjadi seseorang yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Jangan takut untuk menaklukkan ketakutan dan masuk ke dalam wilayah baru, melangkah keluar dari zona kenyamanan anda dan menantang diri.

Di tengah keterpurukan, keberanian akan lahir. Anda tidak akan pernah tahu seberapa kuat dirimu jika anda tidak pernah berjuang dan terkadang anda mungkin gagal, tetapi setidaknya anda sudah menunjukkan bukti.

10. Mereka terlihat menyedihkan

Orang yang tidak sukses tidak memiliki pendapat tentang apapun, mereka tidak bisa membuat keputusan dan lebih cocok dikatakan orang bodoh. Mereka tidak bisa menangkap setiap percakapan cerdas dan tidak membuka pikirannya jika topik tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang mereka ketahui. Mereka pikir semua orang harus melihat kehidupan dengan sudut pandangnya. Mereka tidak peduli tentang segala sesuatu dan bersikap netral.

Mereka tidak membaca, mereka tidak mendidik dirinya sendiri, tidak belajar dari kesalahan di masa lalu dan tidak pernah mencapai potensi tertinggi karena mereka telah hidup di dunia yang penuh dengan keajaiban dan rasa ingin tahunya telah berhasil menemukan cara untuk menjadi bosan. Orang yang terlihat menyedihkan adalah pembunuh tanpa suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *